Tahap-Tahap Pertumbuhan Ekonomi, W.W. Rostow

 

Jenis Bahan

Buku

Data Bibliografis

Judul Utama

Tahap-Tahap Pertumbuhan Ekonomi

Anak Judul

Sebuah Manifest non-Komunis

Pengarang

W.W. Rostow

(kalau lebh dari 1 pengarang)

 

Editor

 

Bahasa

Indonesia

Penerjemah

Drs. Paul Sitohang

Ilustrator buku

 

Penerbitan

Tempat terbit

Jakarta

Penerbit

Bhratara

Tahun terbit

1965

Edisi

1

Deskripsi Fisik

Jumlah halaman

 

Keterangan Ilustrasi

 

Dimensi

 

Subjek (kata kunci)

 

No. Klasifikasi DDC

330.01

Nomor Panggil

330.01

ROS

t

No. ISBN

 

Anotasi/Ringkasan/Abstrak

Buku ini mengutarakan cara seorang ahli sejarah ekonomi mengadakan generalisasi terhadap lintasan sejarah modern. Bentuk dari generalisasi ini adalah serangkaian tahap-tah pertumbuhan (stages of growth). Urain dimulai (pada bab 2) dengan suatu defenisi yang impresionistis tentang kelima tahap pertumbuhan yang penting; dan suatu uraian singkat tentang teori produksi yang dinamis yang merupakan struktur dari tahap-tahap itu.

Bab3-6 secara lebih analitis akan meninjau -dari sudut sejarah serta pangalaman saat ini- tahap-tahap sesudah masyarakat tradisionil: periode prasyarat, take off, kematangan, dan penyebaran senyawa massal barang-barang konsumsi awet (durable) dan jasa.

Bab 7 menyelidiki pola-pola komparatif dari pertumbuhan Rusia dan Amerika Serikat selama abad yang lampau, suatu persoalan yang mempunyai arti penting dalam sejarah dan bagi zaman sekarang ini.

Bab 8 menerapkan tahap-tahap pertumbuhan itu pada persoalan agressi dan peperangan, sampai pada permulaan 1950; persoalan yang secara konvensional dikemukakan dibawah judul imperialisme.

Bab 9 memasukkan analisa tentang huungan antara pertumbuhan dan peperangan ini ke dalam masa yang akan datang, menyelidiki sifat dari persoalan tentang perdamaian, apabila diselidiki menurut perspektif dari tahap-tahap pertumbuhan.

Dan akhirnya pada bab 10 akan menyelidiki secara eksplisit hubungan antara tahap-tahap pertumbuhan dan sistem Marxis.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama